Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Mimbar Dakwah Insan Karim [ layout review]

Seperti biasa, setiap pekan mendekati hari Jumat ada satu hal yang saya kerjakan. Dan hal ini sudah saya lakukan lebih dari 1 tahun terakhir. [mudah-mudahan bisa istiqomah dan menjadi amal shaleh saya aamiin.........] Yaitu menyiapkan materi dan tata letak halaman [baca: lay out] mimbar dakwah untuk masjid di sebelah Pesma. Mimbar Dakwah Insan Karim, yah begitulah saya menyebutnya dan juga akhirnya menjadi nama yang termuat dalam setiap edisinya.
Buletin ini saya desain menggunakan pengolah vector favorit CorelDRAW untuk saat ini saya pake versi X4. Ngomong tentang Corel saya sudah memakainya sejak versi 11, kira-kira sekitar 5 tahun yang lalu. Balik ke Buletin, memakai ukuran halaman folio dibagi dua untuk dilipat, jadi yang nampak ketika dilipat adalah setengah kertas folio. Buletin ini mempunyai 4 halaman dan biasanya terdapat 2 materi: satu materi utama dan 1 materi tambahan. Saya nggak membahasnya dari segi materi atau isi tapi dari segi desain dan tata letaknya karena bidang ini yang terlibat di dalamnya.
Mimbar Dakwah Insan Karim
Header
Menggunakan konsep black n white [karena memang hanya difotokopi]. Bentuk header halaman utama membentuk rounded corner dengan arah berkebalikan sehingga menimbulkan efek gelombang. Diisi dengan warna hitam gradasi ke abu-abu. Tulisan Mimbar Dakwah menggunakan font Tiranti Solid dan tulisan Insan Karim menggunakan font Elephant dengan ukuran jumbo agar terlihat jelas. di bawahnya terdapat tulisan kecil font calibri jargon yang juga saya karang sendiri "bersama meraih predikat manusia mulia" menyesuaikan dengan nama Insan Karim yang artinya manusia mulia.
Sedang header untuk halaman-halaman selanjutnya hanya menggunakan double bar dengan tebal dan warna berbeda dengan dihiasi dengan swirl vector.

Body
Desain yang sederhana, dengan menggunakan font standar Georgia ukuran 10 [dulu sempat saya buat ukuran 9 tapi ada komplain terlalu kecil] untuk body text dan font Tahoma Bold ukuran 14 untuk titel.

Footer
ada dua jenis footer: pertama untuk halaman utama mengadopsi header halaman utama tapi dengan menggunakan warna agak muda. kedua footer untuk menempatkan nama-nama kru redaksi yang diletakkan di halaman belakang mengadopsi header halaman utama namun dengan menggunakannya secara terbalik dan warna agak muda.

Bagi sobat yang pingin membuat buletin dakwah kalo membutuhkan file asli [*.cdr] bisa hubungi saya. Semoga bermanfaat...

Update 2 Agustus 2015:
File contoh Buletin Dakwah bisa sobat download di sini (file type: CDR).
Hasil contoh Buletin Dakwah bisa didownload di sini (file type: PDF).
Lay out and vector designer, 'little' programmer.

14 komentar

  1. assalamu'alaikum mas, saya boleh minta file cdrnya gak, buat bultin di kampus saya mas.
    jzk
    ini email saya izalrahman@rocketmail.com
  2. Sudah dikirim Bang Izal,...
  3. ass,
    mas saya juga minta file cdrnya,,,,,
    kirim ke email saya aja mas, said_gayos@yahoo.co.id,
    nuwun,,,,
  4. Sudah dikirim ke em-mail Anda... cerita cinta ku
  5. Assalamu'alaikum Wr Wb

    mas, saya boleh minta file cdrnya...
    tolong kirim ke tugas.zaenuddin@gmail.com
    Terimakasih

    Wassalamu'alaikum Wr Wb
    1. Wa'alaikum salam...
      sudah dikirim
  6. Assalamu'alaikum Wr. Wb
    Maaf mas, klw boleh saya minta file cdrnya. Smg Allah membalas kebaikan Anda.
    (Email: hafizhhakim@gmail.com)
    1. Waalaikum salam wa rahmatullahi wa barakatuh,...
      ternyata sudah ane kirim ke email, tapi lupa balas di sini.
      Cek inbox.
  7. Kebetulan saya sedang membutuhkannya untuk media warga PNPM Mandiri Perkotaan. Bolehkah saya memintanya? Kalo boleh tolong kirim ke emailku di: varius.balin@gmail.com

    Terima kasih.
    1. Boleh,... silahkan cek email.
  8. bisa saya minta file cdrnya? termaksih
    granadaprivat@yahoo.co.id
    1. Sudah ane kirim, cek inbox
  9. Assalamu 'alaikum
    Salam ukhuwah akhii...
    Bisa minta file cdrnya... insya Allah untuk dakwah di kampus

    Edimuslim.mrm_2011@yahoo.com
  10. kirim ke holidus@gmail.com