WHAT'S NEW?
Loading...

Setting Modem Prolink H9200 [TelkomSpeedy]

Alhamdulillah, finally……….
berhasil juga setting modem Prolink H9200 untuk koneksi Telkom Speedy. Semula mencoba dengan trial n error, hasilnya malah error terus belum sukses, sampai akhirnya menemukan tutorial di http://newhack.or.id dan berhasil…
Kalau dibandingkan dengan modem-modem terdahulu yang saya gunakan yaitu TP-Link dan Allied Telesyn, setting untuk Prolink jauh lebih membingungkan, itu karena settingan default yang begitu banyak dan membuat saya bingung. Namun karena modem TP-Link ‘hadiah’ dari Telkom tersambar petir sedangkan Allied Telesyn milik temannya teman, maka ‘terpaksa’ memakai modem Prolink milik teman.
Nah, dalam tutorial yang saya dapatkan itu mengharuskan untuk menghapus semua settingan default bawaan dan membuat entry settingan baru. Untuk selengkapnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka browser, dan ketikkan alamat http://192.168.1.1/, masukkan username default dengan ‘admin’ dan password dengan ‘password’.
  2. Hapus semua entry konfigurasi yang sudah ada (bawaan default modem). Yaitu dengan cara masuk pada tab WAN, kemudian hapus semua entry interface dimulai pada PPP, EOA, baru kemudian ATM VC.
  3. Masih pada sub-tab ATM VC, klik tombol Add yang akan memunculkan jendela konfigurasi baru. Pilih VC Interface dengan aal 5-1, pastikan nilai VPI=0 dan VCI=35 kemudian klik tombol submit.
  4. Masuk pada sub-tab PPP, klik Add yang akan memunculkan jendela baru. Pada PPP Interface pilih dengan nilai ppp-1, ATM VC dipilih aal5-1, dan pastikan protocol yang digunakan adalah PPPoE. Pilih Disable pada Use DHCP dan Enable pada Use DNS. Satu hal yang tak boleh terlupa, set Default Route menjadi Enable. Isikan Login Name dengan user id anda diikuti dengan ‘@telkom.net’ tanpa tanda petik, dan isikan juga password, dengan password yang anda terima dari telkom. Dan Langkah terakhir klik Submit.
  5. Masuk ke Tab Admin, kemudian masuk ke sub-tab ‘Commit & Reboot’. Klik tombol Commit untukmenyimpan konfigurasi, dan kemudian klik tombol Reboot.
  6. Tunggu sesaat hingga link ADSL dan internet menyala tanpa berkedip.
  7. Setelah itu, silahkan browsing.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar