Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Back to Linux (again)

Setelah sekian lama tidak menikmati sentuhan si Penguin, rasa rindu untuk menggunakan sistem operasi Linux terobati. Beberapa hari yang lalu laptop Acer Aspire 4310 milik kekasih hati saya install dengan Linux Sabily 11.10 (Uhud). Alasan saya memilih Sabily adalah aplikasi Islami yang tertanam di dalamnya. Antara lain Minbar Prayer Times sebagai pengingat waktu shalat, Zekr sebagai Quran player, Thawab untuk membaca kitab-kitab berbahasa Arab (seperti Maktabah Syamilah), Quran Study Tools, dan lain-lain. Aplikasi Islami tersebut sebenarnya bisa kita dapatkan secara gratis. Namun karena keterbatasan koneksi internet di rumah, akhirnya saya pilih paket Sabily ultimate. Di samping itu sejak dulu saya juga terbiasa dengan Linux turunan Debian, mulai dari Knoppix hingga Linux Mint.
Ada beberapa alternatif yang saya pikirkan untuk menginstall Sabily, pertama full install yaitu menghapus semua partisi Windows, kedua dengan menginstall Sabily sebagai program Windows melalui Wasabi, opsi yang terakhir adalah dengan menggunakan dual boot (dua OS bisa berjalan). Sedangkan kondisi laptop si Acer memiliki keterbatasan space hard disk yang hanya tersisa beberapa Giga dari 80 Gb. Modem CDMA pun belum tentu terdeteksi dan bisa digunakan di Linux.
Akhirnya saya putuskan menggunakan opsi ketiga yaitu dengan menggunakan dual boot, dengan pertimbangan Modem masih bisa berjalan baik di Windows dan ini sebagai sarana untuk mencari jalan keluar masalah Modem CDMA di Sabily (alhamdulillah sudah bisa, insya Allah akan postingan selanjutnya tentang ini). Pertimbangan kedua adalah istri saya masih belum familiar dengan sistem operasi Linux.
Untuk mudahnya akhirnya saya pesan DVD Sabily ke teman saya, karena keterbatasan bandwidth dan mungkin juga malas untuk download. Alhamdulillah dengan meresize partisi Windows dan partisi data yang ada, akhirnya saya mendapatkan partisi sebesar 8 Gb untuk si Penguin dan itupun tanpa partisi swap. Dan akhirnya, jadilah Linux Sabily 11.10 Uhud sukses terinstall dalam laptop Acer Aspire 4310.
Lay out and vector designer, 'little' programmer.

Posting Komentar