WHAT'S NEW?
Loading...

My Fujitsu Lifebook PH521

Fujitsu Lifebook PH521

Alhamdulillah..., akhirya ane punya laptop untuk menemani aktivitas harian ane, seperti browsing, baca buku dan kitab (baca belajar), mendengarkan MP3, nonton video, mendesain dan layout, dan lain-lain yang berhubungan dengan komputer. Setelah lebih dari setahun ini ane tidak memiliki komputer pegangan sendiri. Selama itu pula, ane memakai (baca: pinjam)  laptop Acer milik istri ketika berada di rumah atau kalau berada di kampus pakai komputer milik kampus begitu juga ketika berada di pondok pakai laptop milik teman-teman pondok. (Terima kasih untuk semua) Jazakumullah khairan katsiran.
Sebelum memutuskan untuk beli laptop ini, sebenarnya ane ingin dan lebih memilih untuk memakai desktop komputer karena dengan pertimbangan kenyamanan pemakaian dan biaya. Sejak pertama kali mengenal dan memakai komputer sekitar awal tahun 2000-an semasa masih berada di bangku MAN, ane memang meggunakan desktop sampai akhirnya bisa membeli dan merakit komputer sendiri pada sekitar tahun 2005 berbekal uang hasil beasiswa di bangku kuliah. Komputer hasil rakitan pada awal masa kuliah itupun bertahan sampai 6 tahun berikutnya sampai akhirnya ane relakan untuk dipakai lembaga pendidikan di kampung halaman ane. Karena telah terbiasa memakai desktop itulah yang membuat ane lebih nyaman untuk memakai desktop dibandingkan dengan memakai laptop. Dari segi harga, dengan taksiran harga yang sama spesifikasi desktop yang didapat tentu lebih tinggi dibandingkan dengan laptop. Namun alasan-alasan itu terkalahkan dengan pikiran ane yang menginginkan “sesuatu yang baru” yang di dalamnya terdapat istilah mobilitas.
Akhirnya dengan pertimbangan itu dan tentunya juga dukungan istri tercinta dan teman-teman, pada Sabtu, 15 September 2012 lalu ane membeli sebuah laptop dengan merek Fujitsu Lifebook PH521. Kebetulan saat itu ada pameran Hi-Tech Mall Surabaya di @MX Mall Malang. Ada beberapa pilihan merk sebelum ane pilih seri Lifebook dari Fujitsu ini. Antara lain yang paling ane tertarik adalah ThinkPad E125 dari Lenovo. Adapun mengapa ane pilih Fujitsu Lifebook PH521 karena beberapa alasan.

  1. Harga, dari segi harga untuk laptop kelas ukuran 11,6” terbilang cukup murah dibandingkan dengan Si Mini ThinkPad tadi terpaut sekitar Rp. 700.000,- (harga pada saat ane beli) dengan spesifikasi yang sama hanya beda kapasitas harddisk dan batere 6 cell serta fitur khas Lenovo.
  2. Merk, Fujitsu merupakan salah satu merk pabrikan komputer kelas tinggi. Dari dulu Fujitsu dikenal dengan produknya yang handal. Hardware yang dihasilkan pun mempunya kualitas yang baik, setidaknya itu yang ane dengar. Dan tentunya memakai laptop dengan merk Fujitsu akan terlihat agak “berbeda” dengan yang lain, karena pada umumnya yang namanya laptop itu dengan merk Toshiba, Acer, Asus, Dell, dll.
Adapun spesifikasinya seperti berikut, atau bisa juga lihat di situs resmi Fujitsu.
Specifications
Platform AMD E-450 + HD 6320M (1.65GHz, 1MB L2 cache,1333MHz)
Display 11.60-inch HD SuperFine LED (1366x768 pixels)
Memory 2GB DDR3 1066MHz
Max. Memory Supported - 8 GB (2X4GB) DDR3 1066MHz, Single Channel
Hard Disk 320GB / 500GB /640GB
Battery Up to 5h 40min
Weight 1.45kg
Detailed Specifications
Hard Disk Drive SATA-300 5400rpm, S.M.A.R.T support, Two Partitions - 50/50
High Definition (HD) Audio Realtek ALC269 HD audio codec with Dual Built-in Stereo Speakers
HD Audio-in: external Mic-in, Built-in Digital Microphone
HD Audio-out: Headphone-out
Communication 1.3 Mega Pixels camera, Bluetooth v2.1+EDR, 100/10Mbps Fast Ethernet LAN and Atheros 802.11bgn network connection. Separate ON/OFF switch for wireless network connection
Keyboard Spill-resistant keyboard :82-key, 19mm key pitch, 1.8mm key stroke
Card Slots 3-in-1 : MS/ MS Pro/ SDHC
Connector Interface HDMI, VGA (external display), USB 2.0 x 3, RJ45 (LAN), HDA-in, HDA-out, Power Adapter DC-in
Quick Launch Short-cut Key Power Eco Button; Mute button (Fn + F6)
Dimensions 285mm (W) x 209mm (D) x 32.9mm (H)

Semoga dengan adanya laptop ini bisa membawa keberkahan pada setiap aktivitas ane yang berhubungan dengannya. Aamiin.

3 komentar: Leave Your Comments

  1. ph521 udah coba instal ubuntu gak? soalnya saya install ubuntu ada masalah yaitu kalo di shutdown powernya gk off, terpaksa manual tahan tombol power. untuk vga (ati catalys), sound, wifi, dll.. gak masalah semua driver jalan & compatible sama ubuntu (saya udah coba pake 12.10 & 12.04lts)

    udah coba gogling belum nemuin pemecahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane sudah install Linux Mint 14 dan tidak ada masalah gan, coba saja,

      Hapus
    2. minta link download linux mint 14....untuk ph 521 ane...itu yang linux mint 14 versi 32 apa 64 bit?...support semua hardware ph21 kah?...nuwun

      Hapus