Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Menghapus Omniboxes.com


Omniboxes.com merupakan sejenis malware yang membajak browser kesayangan kita, Mozilla Firefox, Google Chrome atau yang lain. Malware ini biasanya muncul ketika kita download dan install program atau software cracker, semisal untuk aktivasi Windows OS atau meng-crack MS Office. Omniboxes.com akan mengubah secara paksa hompage browser Anda ke laman Omniboxes.com. Meskipun Anda mengubah settingan browser atau Internet Option, Omniboxes.com tetap akan menjadi homepage browser Anda.


Menghilangkan Omniboxes.com dari Google Chrome atau Mozilla Firefox gampang-gampang susah. Mulai dari utak-atik setingan browser, hapus plugin atau add on yang asing, uninstall program asing, hingga mengeluarkan jurus regedit untuk menghapus semua entri key yang mengandung kata Omniboxes.com. Namun setelah semua itu saya lakukan, tetap saja Omniboxes.com nongol di halaman depan browser kesayangan saya.

Lagkah paling mudah dan jitu menurut saya adalah sebagai berikut.

  1. Buka Task Manager, lihat pada tab Processes. Apakah ada proses dari sistem yang janggal menurut Anda. Untuk mengetahui ini membutuhkan sedikit pengalaman, namun Anda bisa melihat deskripsi proses untuk menganalisa. Saya menemukan proses dengan nama SSFK.exe atau SFKEX.exe (salah satunya, sayang saya tidak ambil gambarnya).
  2. Setelah menemukan proses yang janggal tersebut, klik kanan dan pilih Open File Location untuk membuka lokasi file dari proses janggal tersebut. Punya saya di C:\Program Files\SFK.
  3. Kembali ke Task Manager, klik kanan lagi pada proses yang menjadi "terdakwa" tersebut, klik kanan dan pilih End Process Tree untuk mematikan proses.
  4. Kemudian kembali ke Explorer tempat file dari proses terdakwa, C:\Program Files\SFK. Hapus semua file yang ada dalam lokasi tersebut.
  5. Berhasil??? Belum, masih ada file yang tersisa tidak bisa dihapus karena proses yang janggal berjalan kembali.
  6. Untuk menghapus bersih file dari proses tersebut, restart Windows dan masuk ke Safe Mode.
  7. Ulangi langkah ke 4, hapus folder C:\Program Files\SFK beserta isinya.
  8. Restart, dan coba buka kembali browser Anda.
  9. Langkah tambahan, untuk membersihkan registry yang telah diacak-acak oleh Omniboxes.com, Anda bisa menggunakan CCleaner atau software sejenis untuk fix registry Windows.
Ingat, sebelum melakukan langkah tersebut di atas, Anda harus menghapus semua plugin atau add on dan juga software yang dirasa janggal dan memang tidak diperlukan. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Lay out and vector designer, 'little' programmer.

Posting Komentar