WHAT'S NEW?
Loading...

Membuat Partisi Hardisk Sony Vaio


Belajar dari pengalaman, selama ini membuat partisi di Windows selalu menggunakan software partition manager seperti Partition Magic, Easeus, dan lainnya. Namun ketika cara itu saya terapkan pada 2 buah laptop Sony Vaio dengan sistem operasi Windows 8 dan Windows 10 hasilnya adalah gagal, bukan gagal membuat partisinya. Tapi lebih parah dari itu, gagal booting untuk masuk ke Windows. Kalau seperti ini, inginnya gampang jadi malah ribet harus restore dari awal.
Akhirnya solusi gampang untuk membuat partisi dalam Windows adalah dengan tool yang ada dalam Windows itu sendiri yaitu dengan Disk Management. Langkah-langkahnya adalah sepeti berikut.
  1. Buka Disk ManagementControl Panel\System and Security\Administrative Tools, klik Computer Management pilih Disk Management atau melalui run ketik diskmgmt.msc
  2. Kemudian pada legend bar harddisk, biasanya kalau belum dipartisi, hanya keluar drive C: dan drive lain yang terhidden oleh system. Kita fokuskan pada drive C: yang mempunyai kapasitas besar, karena nantinya kita akan membagi drive C: ini menjadi partisi lainnya.
  3. Klik kanan pada drive yang akan kita 'ambil' spacenya untuk partisi baru. Misalkan pada gambar di bawah ini drive C:, pilih menu Shrink Volume.
  4. Tentukan jumlah space drive C: yang akan kita susutkan, dan perhatikan juga sisa space setelah disusutkan. Setelah itu, klik tombol Shrink.
    Shrink Volume
  5. Kalau langkah di atas sukses, maka akan muncul unallocated space berwarna hitam yang merupakan hasil dari penyusutan drive C:. 
  6. Unallocated Space
  7. Selanjutnya, klik kanan pada unallocated space pilih menu New Simple Volume, dan ikuti langkah wizard untuk membuat partisi baru. 
    New Simple Volume


    New Simple Volume Wizard
  8. Setelah di-klik tombol finish, akan keluar partisi baru dengan label New Volume. 
    New Volume
  9. Sampai di sini kita sukses menambahkan partisi baru. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar