WHAT'S NEW?
Loading...

DjVu [baca: Déjà vu]

Bermula ditanya seorang teman yang menanyakan apakah saya punya program untuk membuka file berekstensi *.djvu. Semula mengira file berkstensi .djvu ini adalah file multimedia dengan alasan sekarang ini banyak jenis kompresi file multimedia beserta turunannya. Berdasarkan dugaan ini langsung saja kutanya balik “file multimedia ya?” dan sekaligus kusarankan “buka pake MP Classic dengan codec terbaru”. Penasaran apakah jawaban saya benar ato salah langsung searching, dan [ADUH!] ternyata jawabanku salah 100%, seketika itu juga temanku balik SMS “bukan, sejenis pdf” demikian jawabnya.

Berdasarkan hasil searching akhirnya kudapatkan reverensinya juga. Oleh sang pencari saya disarankan untuk mengunjungi djvu.org. Dari sini saya dapatkan keterangan kurang lebih seperti ini:

DjVu (diucapkan “Déjà vu”) adalah suatu teknologi kompresi gambar baru dikembangkan sejak tahun 1996 di AT & T Labs untuk memecahkan masalah besarnya file hasil scan [pindai] yang pada umumnya berukuran terlalu besar untuk disharing melalui internet. DjVu memungkinkan developer dokumen dengan warna resolusi tinggi seperti halaman buku, majalah, katalog, manual, koran, sejarah atau dokumen-dokumen kuno, membuatnya mudah dishare di Web.

The Next Generation Compression Technologies

Rasio kompresi DjVu mencapai sekitar 5 sampai 10 kali lebih baik daripada metode yang sudah ada seperti JPEG dan GIF untuk dokumen warna, dan 3 sampai 8 kali dari TIFF untuk dokumen hitam dan putih.
Halaman scan pada 300 DPI dalam full-color dapat dikompres menjadi 30 sampai 100KB dari file berukuran 25MB. Untuk hitam-putih pada 300 halaman DPI biasanya mencapai 5 sampai 30 KB ketika terkompresi.
Untuk lebih detailnya, silahkan kunjungi link ini.
Mudahnya file ekstensi ini, hampir sama dengan PDF [Protable Document Format]. Untuk membaca file berekstensi .djvu ini saya menggunakan WinDjView atau STDU Viewer. Untuk mendonlotnya bisa dilihat halaman lain dari link tersebut. Dan menurut informasi dari teman lainnya ternyata file .djvu juga bisa dibuka menggunakan IrfanView, namun saya belum mencobanya.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar