Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Buletin LAGZIS Masjid Raden Patah

Kali ini zlich's dezign menampilkan hasil desain dari Buletin LAGZIS Masjid Raden Patah edisi terbaru (edisi 65). Terbaru? iya... karena media semula berbentuk booklet, namun karena ada beberapa alasan maka bertransormasi bentuk menjadi sebuah buletin dengan 4 halaman. Berikut tampilan pada halaman pertama.

Halaman pertama Buletin Lagzis Masjid Raden Patah

Secara desain, sama seperti tampilan desain pada saat masih edisi booklet, namun ada tambahan gambar background yang menyesuaikan dengan tema materi yang disampaikan redaksi. Agar tidak terlihat "kaku" maka gambar background dibuat gradasi transparan atau menuju warna backgroud aslinya yaitu warna putih. Pemilihan gambar sangat menentukan nilai dari desain yang langsung terdapat tulisan materi. Kuncinya adalah kesesuaian gambar dengan materi yang disampaikan. Artinya keberadaan gambar bukan hanya sebagai hiasan desain layout, tapi juga sebagai penjelas dari isi teks. Seperti gambar di atas, saya memilih gambar gurun pasir sebagai gambar background dengan alasan isi dari teks berisi tentang pelajaran yang diambil dari kisah Nabi Ibrahim as. yang "meninggalkan" anaknya yang bernama Ismail as. di tengah gurun pasir yang tiada tanaman. Nah dari sini, gurun tersebut menjadi inspirasi saya dalam memilih gambar yang sesuai. Mungkin Anda punya penilaian tersendiri tentang gambar apa yang sesuai dengan kisah Nabi Ibrahim as. karena sekali lagi menurut saya bahwa desain itu "idealis".
Kemudian untuk footer, saya memilih style atau gaya elegant. Berbeda dengan style desain header yang sangat "seni" (artistik) dan "gemulai" (maaf, ini istilah saya). Menurut saya perpaduan kedua style ini (elegant dan artistik) akan menghasilkan desain yang cukup menarik bagi pembaca. Mohon maaf saya tidak bisa mendeskripsikan apa elegan itu, tapi seperti gambar di atas bagian footer itulah elegan menurut saya. Dua buah bar atau balok dengan gaya agak sedikit kaku dan warna yang lembut atau dalam bahasa saya kalem. Footer di sini fungsinya adalah menampilkan konten lain yang mungkin dibaca langsung oleh pembaca buletin ini. Karena itu, di sini saya menampilkan alamat detail instansi dan nomor telepon serta nomor rekeningnya.
Semoga bisan menginspirasi dan bermanfaat. Sekian dan terima kasih.
Lay out and vector designer, 'little' programmer.

Posting Komentar